Friday, 12 February 2016 - Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Sabtu- Minggu libur
Home » Artikel » Perbedaan Jilbab dan Kerudung

Perbedaan Jilbab dan Kerudung

20 May , 2013 , Category : Artikel

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.. ^_^
Teman – teman semua pasti udah sering banget kan denger kata jilbab sama kerudung???

Kata atau istilah jilbab dan kerudung ini udah familiar banget,, apalagi dikalangan umat muslim.. khususnya muslimah.
Nah sekarang pertanyaan nya adalah “Ada apa dengan jilbab sama kerudung??”
Yu mari kita bahas.

Temen – temen kan pasti pernah denger ya… kata jilbab sama kerudung dalam percakapan kita sehari – hari.. kaya  misalnya ada yang bilang “Pas acara kenaikan kelas nanti, kita kompakan yuu pake kerudung warna merah..” atau “Dia udah berubah banget ya,, sekarang pake jilbab”.
Dari contoh percakapan diatas kita pasti mengasumsikan antara jilbab dan kerudung itu sama, yaitu penutup kepala, ia kan?? :p
Kalo si ke-dua orang yang ngomong jilbab sama kerudung itu maksudnya ke penutup kepala, itu salah looh..
Karena antara jilbab sama kerudung itu beda.. dan kebanyakan memang masyarakat kita itu suka nyama – nyamain jilbab sama kerudung.
Lantas bedanya apa??
Jilbab dan kerudung merupakan kewajiban atas perempuan muslimah yang ditunjukan Allah dalam dua ayat Al-Qur’an yang berbeda.
Mengenai jilbab, Allah SWT menjelaskannya dalam surat Al-Ahzab ayat 59..

“Hai Nabi katakanlah kepada isteri-isterimu, anak – anak perempuanmu dan isteri – isteri orang mukmin, hendaklah mereka mengulurkan jilbab – jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. (Al-Ahzab : 59)

Dalam ayat ini, kata jalabib adalah bentuk jamak dari kata jilbab. Para mufassir memang berbeda pendapat mengenai arti jilbab ini.

Imam Syaukani berpendapat jilbab adalah baju yang lebih besar daripada kerudung, dengan mengutip pendapat Al-Jauhari pengarang kamus Ash-Shihaah, bahwa jilbab adalah baju panjang dan longgar (milhafah). Ada yang berpendapat jilbab adalah semacam cadar (al-qinaa’), atau baju yang menutupi seluruh tubuh perempuan. Menurut Imam Qurthubi dalam Tafsir Al-Qurthubi, dari berbagai pendapat tersebut, yang sahih adalah pendapat terakhir, yakni jilbab adalah baju yang menutupi seluruh tubuh perempuan.
Jadi, jilbab itu bukanlah kerudung, melainkan baju panjang dan longgar (milhafah) atau baju kurung (mula`ah) yang dipakai menutupi seluruh tubuh di atas baju rumahan. Jilbab wajib diulurkan sampai bawah (bukan baju potongan), sebab hanya dengan cara inilah dapat diamalkan firman Allah (artinya) “mengulurkan jilbab-jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” Dengan baju potongan, berarti jilbab hanya menutupi sebagian tubuh, bukan seluruh tubuh.
Jilbab ini merupakan busana yang wajib dipakai dalam kehidupan umum, seperti di jalan atau pasar. Adapun dalam kehidupan khusus, seperti dalam rumah, jilbab tidaklah wajib. Yang wajib adalah perempuan itu menutup auratnya, yaitu seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan, kecuali kepada suami atau para mahramnya (lihat QS An-Nur : 31).
Sedangkan untuk kerudung (khimar), Allah SWT berfirman (artinya), “…Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya…” (QS An-Nur : 31).
Dalam ayat ini, terdapat kata khumur, yang merupakan bentuk jamak dari khimaar. Arti khimaar adalah kerudung, yaitu apa-apa yang dapat menutupi kepala.

So kesimpulannya, jilbab bukanlah kerudung, melainkan baju jubah bagi perempuan,atau di Indonesia dikenal dengan nama gamis yang wajib dipakai dalam kehidupan publik. Karena itu, anggapan bahwa jilbab sama dengan kerudung merupakan salah kaprah yang seharusnya diluruskan… :)

Tips Perawatan Rambut Untuk Wanita Berjilbab

13 June , 2014 , Kategori : Artikel

Bagi semua wanita menggunakan jilbab adalah suatu kewajiban yang harus dijalankan karena merupakan syariah yang sudah diperintahkan dan sudah ditetapkan dalam agama. Tetapi kadang memakai jilbab setiap hari menimbulkan permasalahan bagi rambut karena rambut setiap hari selalu tertutup, sehingga... baca selengkapnya

Tutorial Jilbab Kreasi Pashmina Bahan Chiffon

3 November , 2013 , Kategori : Artikel

Tutorial Jilbab Kreasi Pashmina Bahan Chiffon Pashmina bahan chiffon bila dipakai memang akan memberikan kesan jatuh karena bahannya yang lemas, tetapi kesulitan dalam memakainya harus memerlukan banyak jarum pentul ataupun peniti karena bila dikenakan akan licin dan bila terkena... baca selengkapnya

Tutorial Jilbab Kreasi Paris Untuk Si Pipi Tembem

28 October , 2013 , Kategori : Artikel

Tutorial Jilbab Kreasi Paris Untuk Si Pipi Tembem Memiliki wajah dengan cantik memang menjadi dambaan setiap wanita, tetapi mungkin diantara anda yang sedang merasa tidak nyaman dengan wajah anda yang memiliki wajah dngan pipi tembem atau sering kita sebut... baca selengkapnya

Tutorial Jilbab Kreasi Pashmina Hijau Daun

23 October , 2013 , Kategori : Artikel

Tutorial Jilbab Kreasi Pashmina Hijau Daun Warna hijau akan memberikan kesan sejuk bila digunakan. Untuk itu bagi anda yang suka dengan warna hijau, pada kesempatan kali ini Jilbab Kreasi akan memberikan Tutorial Jilbab Kreasi Pashmina Hijau Daun. Dengan jilbab... baca selengkapnya

Cara Memakai Jilbab Kreasi Segi Empat Variasi Baru

19 October , 2013 , Kategori : Artikel

Cara Memakai Jilbab Kreasi Segi Empat Variasi Baru Jilbab segi empat atau yang biasa juga kita sebut dengan jilbab paris memang sangat populer sekarang ini, para hijaber tiada henti membuat variasi dan kreasi dalam pemakaiannya. Tujuannya adalah agar penampilan... baca selengkapnya

ABAYA SAAIDA Turban Two Shawl (TTS) Kulot Bigsize Romantic Dress Bergo Simply Quba Syar’i Dress SYEQINA Pashmina dan Jilbab Segi Empat Two Tone TRIBAL SKIRT
* klik gambar produk

Switch to our mobile site

Hotline : -085742392411 SMS Center : -085742392411 BB Messenger : -27FC00BC shafa_purworejo04@yahoo.com